31 Desember, Hari Lahir The Godfather of Broken Heart Didi Kempot

Hari ini, 31 Desember 1966 merupakan hari kelahiran Didi Kempot, seorang penyanyi dan pencipta lagu campursari dan congdut asal Surakarta.

Maestro dengan nama asli Dionisius Prasetyo ini mengawali karirnya sebagai musisi jalanan di kota Surakarta, Jawa Tengah semenjak tahun 1984 hingga 1986. Didi Kempot pun nekat ke Jakarta untuk pada tahun 1987 hingga 1989.

Pelantun Pamer Bojo ini menggunakan nama Didi Kempot yang berasal dari singkatan Kelompok Pengamen Trotoar, grup musik asal Surakarta yang membawanya pindah ke Jakarta.

Ayah Didi Kempot merupakan seorang seniman tradisional terkenal yaitu Ranto Edi Gudal yang terkenal dengan nama Mbak Ranto, serta ibunya Umiyati Siti Nurjanah merupakan seorang penyanyi tradisional di Ngawi. Didi Kempit juga memiliki seorang kakak yang merupakan seorang pelawak senior Srimulat yaitu Mamiek Prakoso.

Album pertama Didi Kempot dengan lagu jagoannya, Cidro dirilis pada 1989. Lagu itu terinspirasi dari kisah asmaranya yang menceritakan mengenai suatu hubungan yang tidak disetujui oleh orang tua dari pihak wanita. Semenjak itu ia pun terus menulis lagu dengan tema patah hati. Dan, penggemarnya menasbihkannya dengan julukan The Godfather of Broken Heart.

Tak hanya manggung di Indonesia, Didi Kempot juga pernah tampil di luar negeri seperti Suriname, Belanda, dan negara Eropa lainnya. Didi Kempot meninggal pada Selasa, 5 Mei 2021 karena henti jantung (sudden cardiac arrest) di RS Kasih Ibu Solo.

VALMAI ALZENA KARLA

Tinggalkan Balasan