4 Resolusi Tahun Baru untuk Memperkuat Hubungan dengan Pasangan

Kebanyakan orang membuat resolusi Tahun Baru yang fokus pada tujuan peningkatan diri individu. Namun jika Anda memikirkan tujuan, itu juga dapat berguna bagi mereka yang menjalin hubungan romantis untuk memikirkan bagaimana memperkuat hubungan mereka saat mereka bergerak maju.

Stres, ketidakpastian, dan stagnasi selama dua tahun terakhir yang dipenuhi pandemi telah menyebabkan kecemasan yang meluas—dan seringkali hal itu berdampak pada dinamika pasangan. Melansir laman Psycchology Today, psikolog klinis Andrea Bonior memaparkan beberapa cara untuk memperkuat hubungan Anda, apakah itu tahun baru atau tidak?

Resolusi Tahun Baru untuk memperkuat hubungan dengan pasangan Anda

1. Tingkatkan KomunikasiDari kurangnya keterbukaan tentang kehidupan sehari-hari Anda hingga cara sarkastik atau pasif-agresif untuk mengekspresikan frustrasi, masalah komunikasi merupakan gejala dan penyebab kesulitan hubungan.

Luangkan waktu untuk mengamati pola yang telah Anda kembangkan bersama pasangan. Apakah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang lanskap emosional satu sama lain? Ketika Anda kesal satu sama lain, apakah Anda dapat mengungkapkannya dengan tenang dan berusaha mencapai resolusi, atau apakah Anda menjadi defensif? Apakah Anda menyembunyikan perasaan tertentu karena sulit untuk dibicarakan, hanya untuk melihatnya memburuk seiring waktu? Sudahkah Anda berhenti repot-repot membicarakan kehidupan emosional batin Anda karena rasanya Anda berdua sudah terpisah begitu jauh?

Semakin jelas Anda dapat mengidentifikasi kebiasaan yang telah Anda alami, dan semakin Anda dapat menjadikan komunikasi yang lebih baik sebagai prioritas, semakin hubungan Anda dapat bertahan dalam masa-masa sulit.

2. Jadikan “Waktu Tanpa Layar” sebagai KebiasaanIni adalah keluhan yang sering terjadi saat memutuskan hubungan, waktu screen time menghalangi keintiman emosional. Tentu saja, menyesuaikan diri dengan “permainan paralel” dengan ponsel Anda di sofa setelah hari yang panjang bukanlah akhir dari dunia, dari segi hubungan. Tetapi terlalu sering, entah ada ketidakseimbangan dalam penggunaan layar—di mana satu pasangan merasa terus-menerus tertutup—atau kedua pasangan terlalu sering menggunakan layar sehingga menghilangkan waktu yang biasanya mereka habiskan untuk menikmati kebersamaan satu sama lain.

Anda dapat berhati-hati untuk menjaga waktu layar tetap lambat dengan membangun periode rutin interaksi non-layar, meskipun hanya untuk periode waktu yang relatif kecil pada awalnya. Dari bersumpah untuk menyisihkan ponsel Anda saat makan malam hingga menunggu untuk mengambilnya hingga lima belas menit setelah Anda bangun bersama hingga memiliki “waktu tidur” untuk ponsel di malam hari, menghapus penyusup elektronik dapat membuka bentuk koneksi baru.

3. Ucapkan Terima KasihSalah satu hal pertama yang mulai terjadi ketika pasangan berpisah adalah bahwa mereka tidak lagi menghargai satu sama lain, menerima semua hal kecil tentang pasangan mereka—dan beberapa yang besar—begitu saja. Di lain waktu, pasangan mungkin memiliki apresiasi yang samar satu sama lain, tetapi mereka tidak repot-repot mengungkapkannya dalam kesibukan kehidupan sehari-hari. Efeknya hampir sama, karena merasa kurang dihargai adalah masalah—apakah itu mencerminkan kenyataan atau tidak.

Tentu saja, tidak realistis bahwa pasangan yang telah hidup bersama selama dua puluh tahun secara alami akan saling memuji setiap kali mereka menggunakan mesin pencuci piring, tetapi perhatikan seberapa sering (atau tidak!) Anda mengatakan “Terima kasih telah melakukan itu!” adalah tempat yang baik untuk memulai.

4. Rencanakan Sesuatu untuk DinantikanDengan tingkat ketidakpastian, stres, dan kebosanan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dibawa oleh kehidupan era pandemi, antisipasi akan sesuatu yang menggembirakan mungkin dengan mudah hilang. Sesuatu yang dinanti tidak perlu mewah atau eksotik untuk memberikan efek positif. Acara atau interaksi mendatang yang direncanakan yang membawa kebahagiaan bersama adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan perasaan positif Anda secara keseluruhan, baik secara individu maupun dalam hal koneksi bersama Anda.

Bahkan hal-hal kecil, dibuat lebih teratur, dapat menambah rasa manis. Ritual minum kopi mewah bersama pada Sabtu pagi atau malam menonton film mingguan. Cukup mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas, tetapi cukup istimewa sebagai istirahat dari kesibukan sehari-hari untuk menjadi pengalaman positif bersama.

Tinggalkan Balasan